Optimalisasi Kecerdasan Ganda Siswa Madrasah Aliyah (MA) di Kota Parepare
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v24i2.6092Kata Kunci:
Multiple Intelligences, Self-Potential, Subjects, ExtracurricularAbstrak
Penelitian ini berfokus pada optimalisasi potensi siswa di MAN di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran, menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk memahami masalah penelitian dengan lebih baik. Desain penelitian yang digunakan adalah Desain Penjelasan Sekuensial. Data kuantitatif dianalisis menggunakan SPSS versi 22 dan SEMPls. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan majemuk, termasuk kecerdasan verbal, kecerdasan matematika, kecerdasan visual, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalistik, dan kecerdasan eksistensial, mempengaruhi mata pelajaran yang disukai siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi setiap variabel, yaitu sig. < 0,05. Mengenai kegiatan ekstrakurikuler, mereka memengaruhi kecerdasan verbal, logis/matematis, kinestetik, interpersonal, dan naturalistik. Namun, kecerdasan musik dan intrapersonal tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada kegiatan ekstrakurikuler yang dipilih. Upaya mengoptimalkan kecerdasan majemuk dalam mengembangkan potensi siswa dimulai dengan wawancara dan tes. Namun, sekolah belum mengarahkan siswa sesuai dengan kecerdasan majemuk spesifik mereka secara maksimal.