Analysis of The Quality of Hajj Embarkation Services in Gorontalo Province in 2022
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v24i1.4904Kata Kunci:
Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan, Embarkasi Haji AntaraAbstrak
Studi ini mengevaluasi kepuasan pelanggan terhadap Layanan Embarkasi Haji Antara untuk Jemaah Haji di Provinsi Gorontalo. Pendekatan metode campuran digunakan, yang melibatkan survei terhadap 50 jemaah melalui kuesioner yang disebarkan melalui media sosial. Survei ini, yang didasarkan pada skala Likert, mencakup delapan aspek utama dan 24 sub-aspek. Hasil penelitian menunjukkan indeks kepuasan sebesar 88,11, yang menunjukkan tingkat kepuasan yang baik. Penyelenggara sebaiknya memperhatikan umpan balik dari jemaah untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pelatihan kepada staf. Evaluasi kualitas layanan secara berkala dan peningkatan kenyamanan jemaah sangat dianjurkan untuk secara signifikan memajukan layanan embarkasi haji di Gorontalo.