Mengintegrasikan Model Sekolah dan Pesantren untuk Meningkatkan Mutu Madrasah Indonesia di Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v22i2.3486Kata Kunci:
Madrasah, Pesantren, Kurikulum, Instruksi, Integrasi, SekolahAbstrak
Pesantren, madrasah, dan sekolah telah berubah secara dinamis dalam beberapa dekade terakhir di Indonesia. Dialog, interaksi, dan interkoneksi terjadi secara dinamis antara ketiga lembaga pendidikan di Indonesia. Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan madrasah dalam merespon perubahan di era globalisasi. Penelitian ini bersifat kualitatif dimana data dikumpulkan melalui studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Dengan analisis deskriptif-interpretatif, penelitian ini menemukan bahwa madrasah yang sering diklaim sebagai lembaga tertinggal justru terbukti menjadi lembaga pendidikan yang maju. Madrasah sudah memiliki kesetaraan, bahkan mengungguli lembaga pendidikan sekolah di Indonesia. Perubahan dan kemajuan madrasah tersebut dicapai melalui penerapan pola pesantren sebagai basis sistem pembelajaran dimana semua peserta didik ditampung dalam masyarakat belajar, penerapan model kurikulum yang mengintegrasikan sekolah dan pesantren, dan penerapan model pembelajaran yang humanis dalam proses pendidikan. Melalui ketiga aspek tersebut, madrasah dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.