Implemantasi Manajemen Kelas Islami Dan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Penulis

  • Tumiran Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Rustam Ependi Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Sakban Lubis Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v22i2.2981

Kata Kunci:

Manajemen Kelas Islam, Kinerja Guru, dan Prestasi Belajar Siswa.

Abstrak

Artikel  ini fokus pada implementasi Manajemen Kelas Islami, dan Kinerja Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen kelas Islami  dan kinerja guru mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto, data-data dari variabel diukur dengan menggunakan kaidah-kaidah pengukuran serta proses mengkuantitasikan dari model rating scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika manajemen kelas Islami meningkat, maka prestasi belajar siswanya juga akan meningkat, sedangkan pada kinerja guru menurun, maka prestasi belajar juga akan menurun.Dengan demikian dapat diartikan bahawa hasil penelitian pada varibel manajemen kelas Islami, dan variabel kinerja guru ada memberikan pengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap prestasi belajar siswa.

Diterbitkan

2022-12-14

Terbitan

Bagian

Articles