Lembaga Ngaji Duduk Pulau Bangka Tahun 1864-2022 Gerakan Keagamaan Dan Semangat Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v22i2.2966Kata Kunci:
Ngaji Duduk, Gerakan Keagamaan, Semangat Pendidikan Islam, BangkaAbstrak
Fokus penelitian ini pada analisis gerakan keagamaan dan semangat pendidikan Islam dari lembaga ngaji duduk Pulau Bangka. Metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis kualitatif pendekatan sejarah. Temuan penelitian bahwa lembaga ngaji duduk menjadi fakta historis lembaga tradisionil dengan karakteristik khas seperti kekhasan kurikulum, metode pembelajaran, dan model pembelajaran. Semangat pendidikan Islam pada intensifikasi Islam meningkat, interaksi murid dengan guru, tingkat kepatuhan keberagamaan serta penguatan aspek tauhid, akhlak dan fikih. Kemudian gerakan keagamaan; masyarakat terarahkan, terjadi akulturasi dalam masyarakat pada adab, interaksi berkomunikasi, dan menginspirasi tumbuhnya sekolah arab dan beberapa madrasah diniyah.