Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Permainan Tradisional Bugis Mappadendang

Penulis

  • Sarifa Suhra IAIN BONE

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v20i2.1742

Kata Kunci:

permainan tradisional, mappadendang, pendidikan islam, kesetaraan gender

Abstrak

Paper ini fokus pada permainan tradisional mappadendang dan mengungkapkan nilai-nilai pendidikan Islam dan kesetaraan gender dalam permainan tradisional Bugis mappadendang. Metode; penelitian kualitatif dengan pendekatan pedagogis dan sosiologis diterapkan dengan menggunakan  observasi, wawancara dan FGD (Forum Group Discussion) terhadap pemain, penonton, pemerintah dan tokoh masyarakat yang dipilih. Data empiris menggambarkan bahwa Permainan mappadendang masih dilestarikan hingga saat ini melalui acara pesta rakyat dan mengandung nilai-nilai Pendidikan Islam. Temuan; penelitian ini menemukan berbagai nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam permainan tradisional mappadendang, yaitu; sabar (sabbara), kompak (asseddi seddingeng), kerjasama (gotong royong), kerja keras  (reso temmangingi), dan kreratif (macaradde). Permainan ini juga sarat dengan nilai kesetaraan gender terlihat pada keterlibatan perempuan dan laki-laki. Pelestarian permainan ini menjadi urgen untuk mewujudkan masyarakat Bugis yang beradab dan adil gender dalam berbagai dimensi kehidupan.

Diterbitkan

2020-12-14

Terbitan

Bagian

Articles