SINERGI ANTARA MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SPIRITUAL SISWA DI SMP MA’ARIF 01 KOTA PASURUAN

Penulis

  • Akhmad Zubaidillah Universitas PGRI Wiranegara
  • M. Fahmi Adam Universitas PGRI Wiranegara
  • Robbiatul Amalia Universitas PGRI Wiranegara
  • Tarisya Chairana Mahiira Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i2.5624

Abstrak

Pendidikan tidak hanya berperan dalam membangun kecerdasan akademik, tetapi juga dalam membentuk moralitas dan spiritualitas siswa. Penelitian ini mengeksplorasi sinergi antara manajemen sekolah dan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kompetensi spiritual siswa. Dengan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian ini mengajukan pertanyaan: bagaimana kolaborasi manajemen sekolah dan guru PAI berkontribusi dalam pembentukan spiritualitas siswa? Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi di sebuah sekolah yang menerapkan program keagamaan terintegrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan manajemen sekolah yang selaras dengan keteladanan guru PAI menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan spiritual siswa. Sinergi ini tidak hanya memperkaya pemahaman agama siswa, tetapi juga membangun nilai moral dalam keseharian mereka. Penelitian ini memberikan dampak signifikan dalam pengembangan model pendidikan yang mengedepankan spiritualitas, relevan bagi sekolah-sekolah yang ingin memperkuat kompetensi spiritual siswa melalui pendekatan kolaboratif dan berkelanjutan.

Diterbitkan

2024-11-07

Cara Mengutip

Akhmad Zubaidillah, Adam, M. F., Amalia, R., & Mahiira, T. C. (2024). SINERGI ANTARA MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SPIRITUAL SISWA DI SMP MA’ARIF 01 KOTA PASURUAN. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 270–284. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i2.5624