KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUAMMADIYAH GORONTALO UTARA

Penulis

  • Febrianto Hakeu Universitas Ichsan Gorontalo Utara
  • Ritmon Amalah IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Cutri A. Tjalau Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Ridwanto Djahuno

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i2.4683

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang peranan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningktakan kualitas proses pembelajaran PAI di SMP Muammadiyah Gorontalo Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang fungsih dan tugas kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah Gorontalo Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu suatu jenis penelitian yang memberikan gambaran atau fenomena atau gejala dari suatu keadaan tertentu, baik berupa sikap, situasi, cara yang sedang diteliti, sehingga data yang diperoleh berupa kata-kata dan perilaku yang tidak dituangkan dalam bentuk bilangan dan angka statistik, melainkan tetap dalam keadaan kualitatif yang berorientasi pada kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Kwandang Gorontalo Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kepala sekolah memainkan peran penting sebagai pemimpin pendidikan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran PAI. Strategi kepemimpinan yang diterapkan termasuk penyediaan sarana dan prasarana, pelatihan guru, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah diidentifikasi sebagai faktor kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di sekolah tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya perhatian yang lebih besar terhadap pengembangan kepemimpinan kepala sekolah untuk mendukung peningkatan kualitas proses pembelajaran PAI di institusi pendidikan Islam.

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Hakeu, F., Amalah, R., Tjalau, C. A., & Djahuno, R. (2024). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUAMMADIYAH GORONTALO UTARA. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 238–250. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i2.4683