KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Penulis

  • Wahyu Hidayat UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Agus Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Purnomo Mulyosaputro UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wawan Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Vita Vitisia UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v20i1.5138

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru. Sebagai fokus utama dari penelitian ini adalah memberikan mendefinisikan kepemimpinan transformasional, mengidentifikasi kriteria utama dalam kepemimpinan transformasional, serta mengevaluasi bagaimana gaya kepemimpinan ini dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data didapat melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru, dan staf tata usaha atau staf administratif di beberapa madrasah. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema utama yang berkaitan dengan kepemimpinan transformasional dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala madrasah berperan signifikan dalam meningkatkan kinerja guru. Gaya kepemimpinan ini memiliki dimensi pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan pertimbangan individual. Kepala madrasah yang menerapkan gaya kepemimpinan transformasional cenderung mampu memberikan motivasi yang tinggi kepada guru, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, dapat memberikan inovasi dan kreativitas, serta memperhatikan kebutuhan individu guru. Berdasarkan hal tersebut, gaya kepemimpinan transformasional terbukti efektif dalam mengelola sumber daya manusia dan meningkatkan kinerja organisasi madrasah secara keseluruhan.

Diterbitkan

2024-07-15

Cara Mengutip

Hidayat, W., Gunawan, A., Mulyosaputro, P., Gunawan, W., & Vitisia, V. (2024). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU . Irfani (e-Journal), 20(1), 20–27. https://doi.org/10.30603/ir.v20i1.5138

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama