PERAN PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DALAM MEMBANGUN KARAKTER DAN INTEGRITAS MAHASISWA MUSLIM
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v20i1.5137Abstract
Tulisan ini membahas peran penting perguruan tinggi Islam dalam membentuk karakter dan integritas mahasiswa Muslim. Perguruan tinggi Islam memiliki potensi untuk tidak hanya mendidik individu tetapi juga mengubah masyarakat secara keseluruhan dengan menanamkan nilai-nilai seperti integritas, kejujuran, dan empati pada siswa mereka. Melalui pendekatan holistik yang mencakup pengembangan moral dan etika, lembaga pendidikan tinggi Islam dapat membantu siswa menjadi agen perubahan positif di komunitas mereka. Dengan menekankan kejujuran, akuntabilitas, dan keadilan, perguruan tinggi Islam mempersiapkan lulusannya untuk membuat keputusan etis dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka, serta mempromosikan budaya kejujuran dan keadilan di masyarakat. Selain itu, tulisan ini juga menyoroti pentingnya refleksi diri, kesadaran, dan pertanggungjawaban dalam membangun budaya integritas dan perilaku etis. Dengan memahami dampak faktor eksternal pada pengambilan keputusan individu, pendidikan tinggi Islam dapat membantu individu menavigasi dilema moral yang kompleks dan membentuk masyarakat yang lebih etis dan bertanggung jawab. Dalam tulisan ini, metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Penulis menggunakan pendekatan analisis teks untuk menyelidiki peran perguruan tinggi Islam dalam membentuk karakter dan integritas mahasiswa Muslim. Dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber teks yang relevan, penulis menyusun argumen dan pemikiran yang mendukung peran penting pendidikan tinggi Islam dalam pengembangan karakter dan integritas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan menguraikan peran perguruan tinggi Islam dalam membentuk karakter dan integritas mahasiswa Muslim. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi Islam memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter dan integritas mahasiswa Muslim. Dengan menanamkan nilai-nilai seperti integritas, kejujuran, dan empati pada siswa mereka, lembaga pendidikan tinggi Islam dapat membantu menciptakan individu yang berpengetahuan luas, berintegritas moral, dan siap menjadi agen perubahan positif di masyarakat.. Dengan demikian, hasil penelitian ini menegaskan pentingnya peran perguruan tinggi Islam dalam membentuk karakter dan integritas mahasiswa Muslim untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil, harmonis, dan beretika.