Pembinaan Disiplin Pola Semi Militer dan Keagamaan dalam Sistem Boarding School di SMA Terpadu Wirabhakti Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i2.1807Kata Kunci:
Pembinaan Disiplin, Pola Semi Militer, Boarding SchoolAbstrak
Artikel ini bertujuan menganalisis pembinaan disiplin dengan pola semi militer dan keagamaan dalam sistem boarding school di SMA Terpadu Wirabhakti Gorontalo. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Artikel ini menunjukkan bahwa pembinaan disiplin secara umum mengacu kepada penegakan peraturan kehidupan siswa (Perdupsis) maupun visi serta misi sekolah. Pembinaan kedisiplinan dengan pola semi militer bukan saja mengadopsi atribut dan keterlibatan anggota TNI dan Brimob khususnya pada Masa Orientasi Siswa Baru namun dari perilaku disiplin dalam kehidupan di asrama dan adanya pendidikan bela negara. Adapun pembinaan disiplin dengan pola keagamaan mengadopsi sistem pendidikan pesantren sehingga sekolah ini juga dikenal sebagai Islamic Boarding School dengan membiasakan disiplin beribadah terutama sholat berjamaah, memberikan reward and punishment dengan perlakuan yang berbeda sebagai bentuk motivasi keagamaan sekaligus pemberian materi dalam kajian Islam di masjid sebagai sentralnya.
Referensi
Damsar, Pengantar Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Echold, Jhon M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta, Gramedia, 2002.
John W. Creswell, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Kemendiknas, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Kemendiknas, 2010.
Kementerian Agama, Materi Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam, 2011.
Maksudin, “Pendidikan Nilai Boarding School di SMPIT Yogyakarta”, Disertasi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Murtadho, Kumpulan Sinopsis Hasil-Hasil Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik: Badan Litbang dan Diklat Departemen RI, 2006.
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2007.
Priyodarminto, Disiplin Kiat Menuju Sukses, Jakarta: PradnyaParamita, 2004.
Samuel S, Menciptakan Anak-anak Bahagia, Jakarta: Citra Utama. 2000.
Saputra, Dharmawan Dwi, and Sudarmaji Sudarmaji. "Pemodelan Sistem Aplikasi Pengolahan Data Pasien Pada Rumah Sakit Islam Kota Metro Lampung." Mikrotik: Jurnal Manajemen Informatika 7.1 (2017).
Supriati, Ruli, Agus Salim Saputra, and Siti Shuhaibatul Islamiah. "Aplikasi Sistem Pengiriman Barang Ekspor Berbasis Web pada PT Tuntex Garment Indonesia Tangerang Guna Meningkatkan Mutu Proses Pengiriman Ekspor Barang." Journal Sensi 4.1 (2018)
Toffler, Peranan Pesantren dalam Mengembangkan Budaya Damai, Jakarta: Kementrian Agama RI, Badan Litbang Kehidupan Keagamaan 2010.
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2015.
Yatim, Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2009.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Zuhairini, Ghofir, Abd, Metodologi Pembelajaran PAI, Malang: UM Press, 2004.