STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KUDUS

Authors

  • Ani Rosyida UIN Salatiga
  • Supardi Supardi UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.4227

Abstract

Atikel ini mengkaji penggunaan media youtube dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kudus. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran video berbasis Youtube mata pelajaran IPA materi Tata Surya, menganalisis efektifitas penggunaan video berbasis Youtube dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods (metode campuran) yang menggambarkan praktik guru dalam kelas dengan teori. Artikel ini mempunyai temuan bahwa pada awal pembelajaran yang dilakukan oleh guru tanpa menggunakan video berbasis Youtube kurang efektif karena terdapat 71,4% siswa yang belum tuntas belajar, sedangkan guru yang menggunakan video berbasis Youtube dalam materi Tata Surya terdapat 78,6% yang tuntas belajar yaitu sebanyak 22 siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM (70). Artikel ini berkontribusi dalam menggambarkan strategi efektif penggunaan media Youtube dalam pembelejaran siswa madrasah Ibtidaiyah 

Downloads

Published

2024-03-26

How to Cite

Ani Rosyida, & Supardi, S. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KUDUS. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 36–49. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.4227