PENGEMBANGAN KOMPONEN-KOMPONEN KURIKULUM BARU PAI PADA KMA 183 dan 184 TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v19i2.5252Kata Kunci:
Komponen Kurikulum, Komponen BaruAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komponen-komponen pengembangan kurikulum PAI. Pendidikan tidak lepas dari yang namanya perangkat pembelajaran, dan perangkat pembelajaran di di atur dalam sebuag kurikulum. Karena kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang di berikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan di berikan kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Di dalam kurikulum terdapat komponen-komponen pengembangan kurikum yang dapat menciptakan pendidikan ke arah yang lebh baik lagi, Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang memiliki tujuan yang terarah, isi/materi pelajarannya dapat di terima oleh peserta didik sehingga ilmu yang di trasfer oleh pendidik dapat di serap, metode/ strategi yang di lakukan dapat mencapai tujuan yang di inginkan, dan di lakukan eveluasis baik itu sebelum, sedang, atau sesudah proses pendidikan itu berjalan. Motode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan metode dokumentasi. Untuk sumber data penulis peroleh dari kepustakaan dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik finding. hasil dari penelitian ini adalah penerapan komponen-komponen kurikulum PAI di setiap pemebelajaran PAI.