CHALLENGES AND OPPORTUNITIES IN THE DIGITAL TRANSFORMATION OF ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS

Penulis

  • Arten H Mobonggi a:1:{s:5:"en_US";s:26:"IAIN Sultan Amai Gorontalo";}
  • Ritmon Amala IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Muhammad Fadel Pulubuhu IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v19i2.4253

Kata Kunci:

Challenges, Opportunities, Digital Transformation, Islamic Educational Institutions

Abstrak

Tujuan Penelitian ini yakni untuk menganalisis teori-teori tentang transformasi digital pada lembaga Pendidikan islam dari aspek tantangan dan peluang. Metode yang digunakan yakni pendekatan studi  literatur  digunakan,  yaitu  proses mengelaborasikan   secara   sistematis   dan   tersusun   beberapa   konsep   tentang transformasi digital dalam lembaga Pendidikan islam. Fokus penelitian ini adalah menganalisis teori tentang tantangan dan peluang transformasi digital dalam lembaga Pendidikan islam. Sumber referensi yakni dari artikel jurnal, buku dan teori lainnya yang berhubungan dengan fokus konten dari judul artikel. Hasil Penelitian yakni tantangan dan peluang transformasi digital pada lembaga pendidikan Islam meluputi tantangan keuangan melibatkan investasi awal yang besar, biaya pemeliharaan, dan perubahan model bisnis. Tantangan kurikulum mencakup kesiapan guru, perubahan metode pengajaran, pengembangan materi, aksesibilitas teknologi, pemahaman nilai-nilai keislaman, evaluasi, dan resistensi terhadap perubahan. Di sisi lain, peluang transformasi digital melibatkan akses pembelajaran jarak jauh, peningkatan kualitas pembelajaran dengan alat digital, dan pemanfaatan analitik data. Dengan teknologi, lembaga dapat mencapai target populasi yang lebih luas dan mendiversifikasi sumber pendanaan mereka. Transformasi digital dapat meningkatkan aksesibilitas pendidikan Islam dan keberlanjutan finansial lembaga

Diterbitkan

2023-12-26

Cara Mengutip

Mobonggi, A. H., Amala, R., & Pulubuhu, M. F. (2023). CHALLENGES AND OPPORTUNITIES IN THE DIGITAL TRANSFORMATION OF ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS. Irfani (e-Journal), 19(2), 131–139. https://doi.org/10.30603/ir.v19i2.4253