STUDI KORELASI ANTARA SERTIFIKASI DAN PROFESIONALISME TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU PAI SMP DI KABUPATEN GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v18i1.3127Abstrak
Guru merupakan unsur sumber daya yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan di sekolah, karena guru merupakan unsur manusiawi yang sangat dekat hubungannya dengan siswa dalam upaya pendidikan sehari-hari di sekolah.Ppenelitian ini membahas: 1) Apakah terdapat hubungan antara Sertifikasi dengan motivasi kerja guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Gorontalo; 2) Apakah terdapat hubungan antara Profesionalisme dengan Motivasi kerja guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Gorontalo; 3) Apakah terdapat hubungan antara sertifikasi dan profesionalisme dengan Motivasi kerja guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Gorontalo? Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi kerja guru (y) dipengaruhi sebesar 34,8% oleh sertifikasi guru (x1), sedangkan sisanya 63,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya diluar variabel penelitian ini. 2) Motivasi kerja guru memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan profesionalisme guru. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian dimana nilai korelasi x2 terhadap y motivasi kerja guru sebesar 0,925. 3) Hubungan antara sertifikasi, Profesionalisme dan Motivasi Kerja guru Pendidikan Agama Islam sebesar r = 0.927 dan r2 0,859 atau, 86 % motivasi kerja dapat diterangkan oleh variabel sertifikasi guru bersama-sama dengan variabel profesionalisme guru. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara variabel X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap variabel Y dalam hal ini motivasi kerja. Hal ini dapat dijelaskan oleh naiknya kesejahteraan guru utamanya yang telah tersertifikasi yang kemudian diikuti dengan terbentuknya sikap profesionalisme guru guru PAI.