STUDI KORELASIONAL MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT LITERASI PESERTA DIDIK

Penulis

  • Syafrin Ngiode IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Alpan Mahmud IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v17i2.2508

Abstrak

Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengetahui besar korelasi antaran manajemen perpustakaan dengan minat literasi peserta didik. Metode penelitian  yang digunakan  yakni  penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Lokasi penelitian yakni di SMP Negeri 1 Tabongo. Adapun variable penelitian ini adalah manajemen perpustakan sebagai variable bebas dan minat literasi peserta didik sebagai variable terikat. Jumlah Populasi penelitian ini adalah 137 peserta didik, dengan jumlah sampel yakni 100 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment untuk melihat nilai korelasi dan dihubungkan dengan table intepretasi nilai r dalam penentuan simpulan korelasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara manajemen perpustakaan dengan minat baca peserta didik di SMPN 1 Tabongo. Dari hasil analisis korelasi sebesar 0.732, yang berarti nilai korelasi cukup. Dengan persentase hubungan manajemen perpustakaan dengan minat literasi sebesar 53.6 %. Sesuai dengan hasil penelitian perpustakaan dapat menarik minat literasi peserta didik dengan membenahi manajemen perpustakaan.

Diterbitkan

2022-01-24

Cara Mengutip

Syafrin Ngiode, & Mahmud, A. (2022). STUDI KORELASIONAL MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT LITERASI PESERTA DIDIK. Irfani (e-Journal), 17(2), 189–198. https://doi.org/10.30603/ir.v17i2.2508