SELF-EFFICACY (EFIKASI DIRI) DAN STRATEGI KONSELING PADA SISWA SEKOLAH DASAR : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v20i1.4936Abstract
Self-efficacy akan membuat siswa memiliki keyakinan terhadap kesuksesan, keberhasilan atau prestasi yang akan dicapai. Untuk meningkatkan self-efficacy pada siswa, dapat diupayakan melalui bimbingan dan konseling di sekolah. Layanan BK bertujuan untuk membantu peserta didik berkembang menjadi individu yang produktif, mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apasaja komponen-komponen self-efficacy dan strategi konseling pada anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan SLR (Systematic Literature Review) dengan Metode PRISMA untuk melakukan kajian sistematis pada penelitian ini dengan mengkaji hasil penelitian yang dipublish dari tahun 2018-2023,Sumber artikel yang digunakan diperoleh melalui pencarian dengan kata kunci “elementary students”, dipadukan dengan “counseling strategy”, dan “self-efficacy”. Database yang digunakan melalui Scopus, Taylor & Francis Group, dan Sage Journals. Hasil kajian literatur yaitu Komponen-komponen self-efficacy pada siswa sekolah dasar meliputi self-efficacy akademik, self-efficacy social dan self-efficacy regulasi diri. Strategi konseling di sekolah dasar dilaksanakan secara komprehensif dan kolaboratif. Penelitian yang spesifik membahas tentang strategi konseling yang dapat mempengaruhi self-efficacy pada siswa sekolah dasar tidak ditemukan dan Self-efficacy hanya merupakan bagian dari indicator variable yang dapat dipengaruhi melalui penerapan strategi-strategi konseling pada siswa sekolah dasar.