PENERAPAN METODE DISCOVERI LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDUP LAPANG DENGAN BERBAGI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI BEKERTI
Abstrak
Hasil belajar merupakan tolak ukur dalam proses pembelajaran, melakukan PenelitianTindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajarPeserta didik . PTK yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidup Lapang Dengan Berbagi Menggunakan Metode Pembelajaran Dicoveri Learning Pada Peserta Didik Kelas V Fase C di SDN 29 Kota Selatan”dengan rumusan masalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran Discoveri Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi hikmah Hidup Lapang Berbagi kelas V Semester I SDN 29 Kota Selatan ?. Data yang diperlukan penulis peroleh melalui penelitian dengan cara melakukan tindakan kelas dan wawancara dengan guru observer. Setelah dianalisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: A. Hakikat pembelajaran pada materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi Dengan Metode Pembelajaran Discoveri Learning pada peserta didik Kelas V . Hakikat hasil belajar pada Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi yaitu dengan mempersiapkan media yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut, C.Menerapkan Metode Pembelajaran Discoveri Learning dalam proses Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi
Pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Hasil pembahasan pada pelaksanaan perbaikan pelajaran siklus I dan siklus II Setelah diadakan perbaikan persiklus pada siklus I dan siklus II ternyata hasil belajar mengalami kenaikan, hasil dari evaluasi pada pra siklus sebesar 19 % naik menjadi 40 % pada siklus I. Kenaikan hasil ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 50 %. Karena hasil pembelajaran belum mencapai target KKTP yang ditentukan, maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran siklus II.Pada perbaikan siklus II diperoleh hasil kenaikan yang signifikan pada siklus I dari ketuntasan belajar sebesar 80 % naik menjadi 100% ketuntasan belajar. Sehingga ketuntasan belajar peserta didik kelas V Fase C SDN 29 Kota Selatan dianggap telah mencapai KKTP maka tidak diperlukan lagi perbaikan pembelajaran suklus III. Strategi belajar peserta didik yang dilaksanakan dengan metode pembelajaran Discoveri Learning tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi