PENERAPAN METODE DISCOVERI LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDUP LAPANG DENGAN BERBAGI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI BEKERTI

Penulis

  • Hawa Panigoro SDN 29 Kota Selatan

Abstrak

Hasil belajar merupakan tolak ukur dalam proses pembelajaran, melakukan PenelitianTindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajarPeserta didik . PTK yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidup Lapang Dengan Berbagi  Menggunakan Metode Pembelajaran  Dicoveri Learning  Pada Peserta Didik  Kelas V  Fase C di SDN 29 Kota Selatandengan rumusan masalah apakah dengan menggunakan metode  pembelajaran Discoveri Learning dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik pada  Materi hikmah Hidup Lapang Berbagi   kelas V Semester I SDN 29 Kota Selatan  ?. Data yang diperlukan penulis peroleh melalui penelitian dengan cara melakukan tindakan kelas dan wawancara dengan guru observer. Setelah dianalisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: A. Hakikat pembelajaran  pada materi  Hikmah Hidup Lapang Berbagi Dengan Metode  Pembelajaran Discoveri Learning pada peserta didik Kelas V . Hakikat hasil belajar pada Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi yaitu dengan mempersiapkan media yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut, C.Menerapkan Metode Pembelajaran  Discoveri Learning dalam proses Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi   

Pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Hasil pembahasan pada pelaksanaan perbaikan pelajaran siklus I dan siklus II Setelah diadakan perbaikan persiklus pada siklus I dan siklus II ternyata hasil belajar mengalami kenaikan, hasil dari evaluasi pada pra siklus sebesar 19 % naik menjadi 40 % pada siklus I. Kenaikan hasil ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 50 %. Karena hasil pembelajaran belum mencapai target KKTP yang ditentukan, maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran siklus II.Pada perbaikan siklus II diperoleh hasil kenaikan yang signifikan pada siklus I dari ketuntasan belajar sebesar 80 % naik menjadi 100% ketuntasan belajar. Sehingga ketuntasan belajar peserta didik kelas V Fase C SDN 29 Kota Selatan dianggap telah mencapai KKTP  maka tidak diperlukan lagi perbaikan pembelajaran suklus III. Strategi belajar peserta didik yang dilaksanakan dengan metode  pembelajaran Discoveri Learning  tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi

Diterbitkan

2021-08-25

Cara Mengutip

Hawa Panigoro. (2021). PENERAPAN METODE DISCOVERI LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDUP LAPANG DENGAN BERBAGI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI BEKERTI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 440–454. Diambil dari https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5559