Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Siswa Kelas III SDN 4 Mogolaing

Penulis

  • Musli Pobela SDN 4 Mogolaing

Kata Kunci:

Media kartu, kemampuan mengenal huruf hijaiyah

Abstrak

Studi ini mengeksplorasi penggunaan media kartu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenali huruf Hijaiyah di SD Negeri 4 Mogolaing selama tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk dalam kategori Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek 11 siswa (2 laki-laki dan 9 perempuan). Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media kartu efektif, dengan 45% siswa mencapai penguasaan pada siklus pertama (rata-rata nilai 76.27), meningkat menjadi 99% pada siklus kedua (rata-rata nilai 91.82). Siswa menunjukkan antusias dan keterlibatan lebih besar dalam pembelajaran dengan media kartu, yang mendorong partisipasi aktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa media kartu dapat secara efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenali huruf Hijaiyah

Diterbitkan

2023-02-02

Cara Mengutip

Pobela, M. (2023). Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Siswa Kelas III SDN 4 Mogolaing. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2). Diambil dari https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/55-70