PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AL-QURAN SURAH AN-NAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS II SDN 2 BATUDAA PANTAI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Quran Surah An-Nas melalui model pembelajaran problem based learning di kelas II SDN 2 Batudaa Pantai dalam mempelajari materi Al-Quran Surah An-Nas. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas II SDN 2 Batudaa Pantai Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan akitifitas belajar peserta didik. Pada siklus pertama hasil observasi aktifitas peserta didik mencapai presentase 80% dan hasil belajar peserta didik yang tuntans 11 orang dan pada siklus 2 terjadi peningkatan aktifitas peserta didik mencapai 90% serta hasil belajar peserta didik yang tuntas 16 orang (100%). Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.