MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA MATERI IMAN KEPADA QADA DAN QADAR DI KELAS VI SDN 18 TIBAWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Qada dan Qadar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Talking Stick. Berdasarkan observasi awal dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah masih banyak kekeliruan yang dilakukan oleh guru terutama dalam hal pemilihan strategi.pendekatan,metode,yang di gunakan dalam pembelajaran termasuk di SDN 18 Tibawa. Penelitian ini di lakukan di SDN 18 Tibawa dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase C kelas VI di SDN 18 TibawaTahun Ajaran 2022-2023yang terdiri dari 23 peserta didik Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini: 1. Merencanakan Tindakan (Planing), 2. Melaksanakan Tindakan, 3. Observasi (Observasi), dan 4.Refleksi (Refleksi). Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Iman Kepada qada dan qadar”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya metode Talking Stick hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 8 peserta didik (34,78%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.78. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak peserta didik 15 (62,21%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 77.47 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 21peserta didik (91,30%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85.60. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Talking Stick. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.