PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU KELAS IX DI SMP NEGERI 7 SATU ATAP LIMBOTO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Keutamaan menuntut Ilmu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui media Audio Visual. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase D kelas IX di SMP Negeri 7 Satu Atap Limboto Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 12 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Keutamaan Menuntut Ilmu”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya media Audio Visul hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (25%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 62,66. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak peserta didik 6 (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 11 peserta didik (91%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 78,75. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media audio visual. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.