MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI QS. AL-HUJURAT AYAT 13 DI KELAS 4 SD NEGERI 8 TOLANGOHULA KABUPATEN GORONTALO

Penulis

  • Nani Toonaw SD Negeri 8 Tolangohula

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi QS. Al Hujurat Ayat 13 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 4 SD Negeri 8 Tolangohula Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Student Teams Achievement Division (STAD) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi QS. Al Hujurat Ayat 13. Sebelum diterapkannya metode Student Teams Achievement Division (STAD) hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (20%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 10 peserta didik (66.67%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.67 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 peserta didik (93.33%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83.67. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2022-08-30

Cara Mengutip

Nani Toonaw. (2022). MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI QS. AL-HUJURAT AYAT 13 DI KELAS 4 SD NEGERI 8 TOLANGOHULA KABUPATEN GORONTALO. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(4), 458–472. Diambil dari https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5399