Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Airmadidi Melalui Penerapan TPACK Pada Materi Kisah Nabi Muhammad SAW Membangun Kota Madinah
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Penerapan TPACKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kisah Nabi Muhammad SAW membangun Kota Madinah. Penerapan TPACK dirancang untuk mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten pembelajaran secara bersamaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 1 Airmadidi, kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TPACK mampu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Nilai rata-rata siswa meningkat secara signifikan setelah penerapan TPACK, di mana siswa lebih antusias dan aktif dalam diskusi serta kegiatan kelompok. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi di bidang pendidikan agama Islam.