PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASMAUL HUSNA FASE C SD NEGERI 5 TALAGA JAYA KABUPATEN GORONTALO
Abstrak
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik Fase C SD Negeri 5 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo sehingga dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningktan hasil belajar peserta didik pada Fase C SD Negeri 5 Talaga Jaya Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan sumber data yakni peserta didik Fase C SD Negeri 5 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo yang dilaksanakan dalam 2 Siklus yang terdiri dari perencaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif model interaktif Milles dan Huberman melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan dengan menerapkan model pembelajaran tipe Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Fase C SD Negeri 5 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan pada siklus I dengan menggunakan model Problem Based Learning yakni pada aktivitas guru hanya memperoleh nilai sebesar 75% dengan beberapa item tindakan yang belum dilaksanakan secara maksimal sementara pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan 85%, pada penilaian aktivitas peserta didik pada siklus I hanya mencapai 63% sementara pada siklus II sudah mencapai 95%. Dan pada aktivitas yang berkenaan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata ketuntasan mencapai 74 % dan pada hasil tindakan siklus II mencapai 91 bahkan secara keseluruhan ketuntasan mencapai 100% keberhasilan pembelajaran.