MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 1 PADA MATERI MENGENAL RUKUN IMAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN TPACK DENGAN PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM DI SDN 10 BONGOMEME

Penulis

  • Nurhayati Y. Poiyo SDN 10 Bongomeme

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik  pada materi mengenal rukun iman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan pemanfaatan artificial intelligence menggunakan model pembelajaran TPACK. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah fase A kelas 2 SDN 10 Bongomeme Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode pemanfaatan artificial intelleigence dalam model pembelajaran TPACK berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengenal rukun iman. Setelah diterapkannya artificial intelleigence dalam model pembelajaran TPACK pada siklus I sebanyak  (66,7%) yang tuntas dalam pembelajaran dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena pemanfaatan artificial intelleigence dalam model pembelajaran TPACK ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2022-05-30

Cara Mengutip

Nurhayati Y. Poiyo. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 1 PADA MATERI MENGENAL RUKUN IMAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN TPACK DENGAN PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM DI SDN 10 BONGOMEME. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 416–429. Diambil dari https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5373