MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA MATERI TELADAN ASMAUL HUSNA DI KELAS IV SDN 1 BILUHU

Penulis

  • Nikson A. Kadir Umar SDN 1 Biluhu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Biluhu dalam mempelajari materi teladan Asmaul Husna. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 4 SDN 1 Biluhu, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan teknologi informasi dapat meningkatkan akitifitas belajar peserta didik. Pada siklus pertama hasil observasi aktifitas peserta didik mencapai presentase 81% dan hasil belajar peserta didik yang tuntans 8 orang (66,7%) dan pada siklus 2 terjadi peningkatan aktifitas peserta didik mencapai 97% serta hasil belajar peserta didik yang tuntas 12 orang (100%). Secara keseluruhan, penerapan teknologi informasi dalam pembelajaran tidak hanya berfungsi untuk menyajikan informasi secara menarik, tetapi juga mendukung proses konstruktivisme dengan memberikan peserta didik kesempatan untuk berinteraksi, berdiskusi, dan membangun pengetahuan secara aktif.

Diterbitkan

2022-05-30

Cara Mengutip

Nikson A. Kadir Umar. (2022). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA MATERI TELADAN ASMAUL HUSNA DI KELAS IV SDN 1 BILUHU. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 388–406. Diambil dari https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5371