PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KETENTUAN PUASA DI KELAS 3 SD NEGERI 15 BONGOMEME
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Ketentuan Puasa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Make a Match. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase B kelas 3 di SDN 15 Bongomeme yang terdiri dari 15 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Analisis data ini dilakukan dengan menggunakan rumus presentase yaitu: Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Ketentuan Puasa”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya metode Make a Match hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 6 peserta didik (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 67,33. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak peserta didik 8 (53%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.33 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 peserta didik (93%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88.66. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Make a Match. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.