PENERAPAN METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI AL KULLIYATU AL KHAMSAH DI KELAS X SMK TEKNOLOGI MUHAMMADIYAH LIMBOTO

Penulis

  • Fakhriah Sukiman SMK Teknologi Muh. Limboto

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Al Kulliyat Al Khamsah melalui penerapan metode Gallery Walk di Kelas X SMK Teknologi Muhammadiyah Limboto. Adapun Subjek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Smk Teknologi Muhammadiyah Limboto Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 18 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Analisis data ini dilakukan dengan menggunakan rumus presentase yaitu: Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, khususnya pada materi “Al Kulliyatu Al Khamsah ”. Pada siklus I, presentase ketuntasan belajar peserta didik tercatat sebesar 44,4% , sementara pada siklus II, presentase ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 88,8%  Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Gallery Walk.Peserta didik  lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2022-05-30

Cara Mengutip

Fakhriah Sukiman. (2022). PENERAPAN METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI AL KULLIYATU AL KHAMSAH DI KELAS X SMK TEKNOLOGI MUHAMMADIYAH LIMBOTO. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 317–327. Diambil dari https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5365