PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENGHAFAL SURAH AL MA’UN MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS 5 SD NEGERI 11 PULUBALA KABUPATEN GORONTALO
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) dengan subjek penelitian adalah kelas 5 SD Negeri 11 Pulubala Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan instrument penelitian yakni lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, tes dan juga lembar hasil belajar peserta didik. Adapun teknik analisis data dilakukan berdasarkan pedoman penelitian tindakan kelas yakni analisis secara deksriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi menghafal surah Al-Ma’un di kelas 5 SD Negeri 11 Pulubala Kabupaten Gorontalo hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yang meliputi 1) Peningkatan aktivitas guru selama proses pembelajaran pada siklus I yang hanya mencapai 59% sementara pada siklus II meningkat menjadi 94%, 2) Peningkatan pada aktivitas peserta didik selama siklus I dilakukan hanya memperoleh prosentase nilai sebesar 45% sementara setelah dilakukan perubahan proses pembelajaran pada siklus II peningkatan aktivitas peserta didik memperoleh nilai sebesar 91%, dan 3) peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari pra siklus ketuntasan mencapai 32% dengan nilai rata-sara klasikal mencapai 59.21 dengan kategori tuntas sebanyak 6 peserta didik. Pada siklus I meningkat menjadi 63% dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 68,95 adapun jumlah yang tuntas mencapai 12 peserta didik. Sementara pada siklus II meningkat hasil belajar mencapai angka prosesntase 100% dengan ketuntasan yang maksimal adalah 19 peserta didik, pada siklus II tersebut nilai rata-rata klasikal mencapai 79,47 dan sudah melebihi dari KKTP yakni 70