IMPLEMENTASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE SAINTIFIK PADA MATERI HAJI DAN KURBAN DI KELAS VSDN 3 RESET MOPUYA

Authors

  • Hadija Agu SDN 3 Reset Mopuya

Keywords:

Pemahaman, metode Saintifik, Haji dan Kurban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Implementasi dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Melalui Metode Saintifik Pada Materi Haji Dan Kurban. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C1 Kelas V SDN 3 Reset Mopuya Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Saintifik berhasil meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Haji dan Kurban. Sebelum diterapkannya metode saintifik pemahaman siswa secara klasikal hanya 4 siswa (85%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70,27 Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 4 siswa (75%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.27 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 95.00 Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Agu, H. (2024). IMPLEMENTASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE SAINTIFIK PADA MATERI HAJI DAN KURBAN DI KELAS VSDN 3 RESET MOPUYA. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 717–731. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6161