MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA MELALUI METODE READING ALOUD PADA KALIMAT THOYIBAH DI KELAS I

Authors

  • Merlianti Idrus Sekolah Dasar Negeri 89 Sipatana

Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penguasaan Kalimat Thoyibah melalui metode Reading Aloud (membaca nyaring). Metode Reading Aloud dipilih karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk melafalkan dengan jelas dan meningkatkan kemampuan verbal mereka, sehingga lebih mudah memahami dan mengingat kalimat-kalimat penting dalam ajaran agama Islam, khususnya Kalimat Thoyibah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 Di SDN 89 Sipatana  dengan jumlah peserta sebanyak 15  siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, baik dalam kemampuan melafalkan maupun memahami Kalimat Thoyibah setelah diterapkannya metode Reading Aloud. Peningkatan nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 67,66  dengan aktivitas siswa berada pada angka 2.5.  Pada siklus 2 siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 86 . 66  dengan aktivtias berada pada angka 3.8

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Merlianti Idrus. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA MELALUI METODE READING ALOUD PADA KALIMAT THOYIBAH DI KELAS I. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 464–476. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5561