MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA MATERI HUKUM HALAL DAN HARAM

Authors

  • Fatmawati H. Sadue SDN 33 Hulontlalangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya pada materi Hukum Halal dan Haram, melalui penerapan metode Card Sort di kelas VI SDN 33 Hulontalangi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa pada materi tersebut, di mana siswa cenderung pasif dan sulit memahami konsep Hukum Halal dan Haram. Untuk itu, metode Card Sort diterapkan sebagai upaya untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas VI SDN 33 Hulontalangi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Card Sort efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 40,91%, sementara pada siklus II terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 86,36%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode Card Sort membantu siswa lebih mudah memahami materi melalui pengelompokan informasi dan kerja kelompok yang interaktif. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran, menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode Card Sort merupakan alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam materi Hukum Halal dan Haram. Penelitian ini juga merekomendasikan penerapan metode ini untuk mata pelajaran lain yang membutuhkan pengelompokan konsep, sehingga dapat lebih mendorong interaksi dan pemahaman siswa.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Fatmawati H. Sadue. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA MATERI HUKUM HALAL DAN HARAM . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 338–348. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5549