MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENJAGA LISAN BERBASIS MEDIA INTERAKTIF PADA FASE B KELAS 4 DI SD NEGERI 1 TILANGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan materi menjaga lisan berbasis media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada fase B kelas 4 di SD Negeri 1 Tilango. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 4 SD Negeri 1 Tilango Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh pengembangan materi menjaga lisan berbasis media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas 19 dan yang tidak tuntas 5 dengan di peroleh nilai rata rata 77 dan presentase 76 % secara kelasikal sudah mencapai standar keberhasilan yaitu 70%, Untuk memperkuat bukti bahwa media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar, dilakukan siklus II, yang menunjukkan ketuntasan penuh, dengan 25 peserta didik mencapai nilai rata-rata 81 dan presentase 100%. Dengan demikian, media interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan.