MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BERBAKTI KEPADA GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPACK PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 1 TABONGO

Authors

  • Vivin U. Kaharu SDN 1 Tabongo

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi berbakti kepada guru melaluimodel pembelajaran TPACK.  PenelitiantermasukjenisPenelitian Tindakan  Kelas  (Classroom  Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C1 SDN 1 Tabongo Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari

17 pesertadidik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitiandiperolehmodel pemebelaran TPACK berhasil meningkatkan hasil belajar pesertadidikpada materi berbakti kepada guru. Sebelum diterapkannya model pembelajaran TPACK hasil belajar siswa secara klasikal hanya 6 peserta didik (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74.0. Setelahditerapkannyamodeltersebutpada  siklus   I   sebanyak   5   peserta   didik   (15%)   yang   tuntas   dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74.0 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 91.00. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung pesertadidik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Vivin U. Kaharu. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BERBAKTI KEPADA GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPACK PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 1 TABONGO. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(4), 570–601. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5410