Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menyambut Usia Baliq Melalui Penerapan Metode Jigsaw Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas IV Di SDN 1 Ambang Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Eka Dewi Rahmawati SD Negeri 1 Ambang

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Jigsaw, PAI dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Menyambut Usia Baliq melalui Penerapan Metode Jigsaw mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) . Subjek dari penelitian ini adalah Kelas IV SD Negeri 1 Ambang Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penerapan metode Jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Menyambut Usia Baliq. Saat diterapkannya metode Jigsaw pada siklus 1, hasil belajar peserta didik hanya 5 peserta didik (41,66%) yang tuntas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai rata-rata 69,16. Dan pada siklus II penerapan metode Jigsaw terjadi peningkatan pada 12 peserta didik (100%) dengan nilai rata-rata 81,33%.Peserta lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode Jigsaw mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Dewi Rahmawati, E. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menyambut Usia Baliq Melalui Penerapan Metode Jigsaw Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas IV Di SDN 1 Ambang Tahun Pelajaran 2021/2022. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 195–207. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5392