Memanfaatkan Metode Demonstrasi dan Latihan Berulang UntuK Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Q.S Al-Alaq Ayat 1-5 di Kelas III SD Negeri 2 Kotamobagu

Authors

  • Siti Mentari Lasene SDN 2 KOTAMOBAGU

Keywords:

Pemahaman, , metode Demonstrasi dan Latihan Berulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Q.S Al-Alaq ayat 1-5 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Demonstrasi dan Latihan Berulang di Kelas 3 Fase B SD Negeri 2 Kotamobagu. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 2 Kotamobagu Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh melalui metode Demontrasi dan Latihan Berulang berhasil pada materi Q.S Al-Alaq ayat 1-5. Sebelum diterapkannya metode Demontrasi dan Latihan Berulang pemahaman peserta didik secara klasikal hanya 6 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 9 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85.0 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82.5. Siswa lebih memahami dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Lasene, S. M. (2023). Memanfaatkan Metode Demonstrasi dan Latihan Berulang UntuK Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Q.S Al-Alaq Ayat 1-5 di Kelas III SD Negeri 2 Kotamobagu. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 80–92. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5385