MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA MATERI JUAL BELI DI KELAS XI SMK NEGERI 1 BATUDAA PANTAI

Authors

  • Iyun Rahman SMK Negeri 1 Batudaa Pantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Jual Beli mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Metode Role Playing. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase F kelas XI di SMKN 1 Batudaa Pantai yang terdiri dari 17 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Analisis data ini dilakukan dengan menggunakan rumus presentase yaitu: Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada prasiklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Jual Beli”. Pada prasiklus sebelum diterapkannya metode Role Playing hasil belajar peserta didik  secara klasikal hanya 6 peserta didik  (35,29%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70,35. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak  peserta didik  11 (64,71%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 79.35 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 peserta didik  (94,12%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86.06. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Role Playing. Peserta didik  lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Iyun Rahman. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA MATERI JUAL BELI DI KELAS XI SMK NEGERI 1 BATUDAA PANTAI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 256–262. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5360