PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI STRATEGI DAKWAH DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA DI KELAS XII SMKN 1 PULUBALA
Abstract
Metode discovery. (penemuan) adalah merupakan metode proses pembelajaran yang memperkenankan peserta didik untuk menemukan sendiri, mencari sendiri, mengarahkan, menyelidiki, konsep, dan prinsip dari pengetahuan, sikap, serta keterampilan sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku peserta didik yang lebih aktif. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada dua siklus. Penerapan metode discovery Based Learning dalam penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus dan dalam setiap siklus ada empat komponen yang sangat penting yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Respon peserta didik terhadap metode discovery based learning sangat baik, dilihatdarihasibelajaryangdiperolehpesertadidikyangmengalamipeningkatan.Begitu pula dengan efektifitas penerapan metode discovery based learning yang dianggapcukupbaik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari dua siklus, maka penulis menyimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) mengalami peningkatan melalui metode Discovery Based Learning yang digunakan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata skor perolehan peserta didik yang pada siklus 1 sebesar 68.00, kemudian mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus 2 yaitu sebesar 81,71. Selain itu, berdasarkan criteria bentukpresentasi yang digunakan siklus 1 berada pada kategori tinggi, kemudian pada siklus 2 telah mampu mencapai kategori sangat tinggi. Sehingga denganpenerapan metode Discovery Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik pada Materi Strategi Dakwah dan Perkembangan Islam di Indonesia Di Kelas XII SMKN 1 Pulubala.