bahasa inggris Bahasa Inggris Bahasa inggris
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan Bahasa Arab telah mengalami perkembangan signifikan dari masa klasik hingga era modern, di mana berbagai metode tradisional dan filosofi pembelajaran diterapkan untuk memperkuat pemahaman bahasa dan nilai keislaman. Namun, di era globalisasi, pendekatan inovatif diperlukan untuk menjawab kebutuhan generasi saat ini yang cenderung lebih dinamis dan akrab dengan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis jejak sejarah pendidikan bahasa Arab untuk mengidentifikasi elemen-elemen pembelajaran yang efektif di masa lalu dan mengevaluasi potensi adaptasinya dalam desain pembelajaran modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka (library research) untuk menemukan bahwa metode seperti halaqah, muhadatsah (dialog), dan pendekatan berbasis hafalan tetap relevan tetapi memerlukan integrasi dengan teknologi modern, seperti aplikasi digital dan platform pembelajaran daring. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggabungan elemen historis dengan inovasi teknologi dapat menciptakan metode, model, dan media pembelajaran yang tidak hanya mempertahankan kedalaman bahasa dan pemahaman budaya, tetapi juga mampu menarik minat belajar generasi muda. Dengan demikian, rancangan pembelajaran yang mengkombinasikan aspek tradisional dan inovatif diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Arab di era globalisasi serta memperluas aksesibilitasnya. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan dan pengembang kurikulum dalam merancang pendekatan pembelajaran Bahasa Arab yang lebih adaptif dan efektif di masa kini.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish in Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Referensi
Abdul, R., & Zainur, R. (2023). Pertembungan penggunaan perkataan Arab dengan tamadun barat: Pemerhatian deskriptif dalam akhbar Arab. Al-azkiyaa. Jurnal Antarabangsa Bahasa dan Pendidikan 2(1). 15–31. https;//doi:10.33102/alazkiyaa14
Aldini, M.N., Dinda, A.H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S.J., (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ali, I., Nabila, N., Tuli, F., & Lahay, M. (2023). Telaah kurikulum bahasa Arab di pondok pesantren. Al-Kilmah, 2(2). 25–36. https://doi:10.58194/alkilmah.v2i2.1585
Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Journal of Islamic Education Management, 1(1). 68-82. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Anshori, T. (2019). Peran bahasa Arab dalam pengembangan ilmu dan peradaban islam. https://doi.org/10.31219/osf.io/rnjcd
Arkadiantika, R., Ramansyah, W., Effindi, M.A., & Dellia, P. (2019). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29-36. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Ashilah, F. N., Yulia, H., Khumairoh, R. N., Kamil, M. W., El-Haq, M. H. M., & Nugraha, T. C. (2024). Efektivitas pembelajaran interaktif bahasa Arab dengan metode ngalodern berbasis aplikasi android. EduTech: Journal of Educational Technology, 23(3). 367-379. https://doi.org/10.17509/e.v23i3.72542
Badran, A., Yusuf, Z., & Yamin, T. S. (2009). Building knowledge societies in the Arab Region: Arabic language as a gateway to knowledge. Cairo: Cairo University Press. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000372586
Çakmak, C., (2017). 1 Islam: A Worldwide Encyclopedia: Volumes 1-4 Arabic Language.https://books.google.co.id/books/about/Islam_A_Worldwide_Encyclopedia_4_volumes.html?id=JSHFDgAAQBAJ&redir_esc=y
Dian, Ekawati. (2019). Ragam pemahaman mahasiswa pada pembelajaran bahasa Arab. (2019). An Nabighoh, 21(02), 183-202. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1679
Faiz, A., Hambali, D. S., Mulyadi, Kurniawaty., I. (2022). Tinjauan studi pustaka tahapan domain afektif untuk mengukur karakter siswa. Jurnal Basicedu, 6 (4). 5508-5515. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3092
Hamidi, S.R., & Lillah, F. K. (2023). Sejarah dan perkembangan sastra Arab kawasan Asia Barat (arab saudi, bahrain, irak dan iran). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 13(2). 163. https://doi:10.25273/ajsp.v13i2.16001
Herdah., Dasmarianti., & Jannah, R. (2023). Analysis of the purpose and principles of learning Arabic. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 5(4). 555–63. https://doi:10.56338/ijhess.v5i4.4664
Ilmiani, A. M., Ahmadi, Rahma, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia interaktif untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab. Al-Ta'rib Scientific Journal of Arabic Language Education Study Program IAIN Palangka Raya, 8(1). 17-32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902
Jamil, H., & Agung, N. (2022). Tantangan pembelajaran bahasa Arab di era society 5.0: Analisis pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi interaktif. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3(1). 38–51. https://doi:10.19105/ajpba.v3i1.5536
Juliantari, N. K. (2022). Peluang dan tantangan pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi keagamaan Hindu pada era society 5.0. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu 13(2).151–60. https://doi:10.36417/widyagenitri.v13i2.501
Khotami, M., Mubarak, M. Z., & Suparno, D. (2024). Padanan kosakata Indonesia ke Arab dalam bidang sejarah. AL-WARAQAH Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5(1). 63–78. https://doi:10.30863/awrq.v5i1.6193
Lubis, M. A., Wahyudi, H., & Utami, D. I. (2024). The history of Arabic language teaching development. Insyirah: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Studi Islam 7(1). 70–83. https://doi:10.26555/insyirah.v7i1.10146
Manasiq, G.Z.A.S. (2022). Evolusi konsep pembelajaran bahasa Arab: Tinjauan sistematis terhadap orientasi pembelajaran klasik dan kontemporer. Maharot: Journal of Islamic Education. 6(1). https://ejournal.idia.ac.id/index.php/maharot/article/view/1515%0Ahttps://ejournal.idia.ac.id/index.php/maharot/article/download/1515/942
Muritala, Y. T. (2013). Contoh analisis Al-quran dengan standar tekstual linguistik Arab. Journal of Arts & Humanities, 2 (6). 40-49. https://doi.org/10.18533/journal.v2i6.131
Mushfa'ah, U. R. (2016). Arabic language in the Umayyad period (661-749 AD) and the Abbasid Period (749-1258 AD). Postgraduate Thesis UIN Sunan Kalijaga concentration in Arabic Language education.
Nurjana. (2022). The Role of Arabic in the development of Islamic science and civilization. Journal of Literasilogy, 8 (4). 50-56 https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/issue/view/32
Putri, A.N., & Hasan, M.A.K. (2022). Penerapan kecerdasan buatan sebagai media pembelajaran bahasa Arab di era society 5.0. Tarling : Journal of Language Education 7(1). 69–80. https://doi:10.24090/tarling.v7i1.8501
Ridwan, E. H. (2023). Bahasa Arab dan urgensinya mempelajari Al-qur’an. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam 1(02). 49–56. https://doi:10.63018/jpi.v1i02.20
Rohmah, R. F. (2021). Pengaruh pemerintahan terhadap kritik sastra Arab masa Umayyah dan Abbasiyah. 'A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab. 10(2). 271–83. http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.2.271-283.2021
Rosenthal, F. (1975). The classical heritage in Islam. United States of America: University of California Press.https://www.amazon.com/Classical-Heritage-Arabic-Thought-Culture/dp/0415076935
Sauri, S. (2020). Sejarah perkembangan bahasa Arab dan lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia 5(1). 73–88. https://doi.org/10.2121/incita-jisisea.v5i1.1332
S., Fahrurrozi. (2021). Perkembangan dan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 7(2). 62. doi:10.30821/ihya.v7i2.15193.
Syagif, A. (2023). Paradigma pembelajaran bahasa Arab di era society 5.0. FiTUA: Jurnal Studi Islam 3(2). 134–44. https://doi:10.47625/fitua.v3i2.407
Syuhadak., & Musfa’ah, U. R. (2016). Bahasa arab di masa daulah Umayyah (661-749 m) dan masa daulah Abbasiyah (749-1258 m). Arabia. 9 (2).https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Arabia/article/viewFile/5893/pdf
Tolinggi, S. O. R. (2021). Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia pada era revolusi teknologi tak terbatas (strengths, weaknesses, opportunities, and threats). An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab 23(1). 33. https://doi:10.32332/an-nabighoh.v23i1.2231
Wahab, M. A. (2006). Revitalisasi epistemologi bahasa Arab dan pengembangan pendidikan bahasa Arab. Afaq 'Arabiyyah. 1(1). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/60869
Wahab, M. A. (2014). Peran bahasa Arab dalam pengembangan ilmu dan peradaban Islam. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 1(1). https://doi:10.15408/a.v1i1.1127
Yunus, M. (1985). History of Islamic education in Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.https://books.google.co.id/books/about/Sejarah_pendidikan_Islam_di_Indonesia.html?id=E1_uPgAACAAJ&redir_esc=y