Patterns of Pesantren Strength in Facing the Hegemony of Modernity

Authors

  • Supriyanto Supriyanto IAIN Kendari
  • Samsul Bahri IAIN Kendari
  • Ahmad Ghifari IAIN Kendari

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v10i1.5127

Keywords:

Education, Pesantren, Modernity

Abstract

This study aims to analyze the patterns of pesantren so that they can stand firm in the face of the hegemony of modernity. The research uses an analytical descriptive method with an educational history and sociology approach. This study proves that pesantren have the following strengths: (1) having a tradition of scientific rihlah, writing, and reading the yellow book. (2) having kiyai leadership, (3) educational patterns in pesantren, (4) pesantren are in accordance with social theory in organisations, consisting of adaptation, the system must adapt to the environment, and adapt the environment to needs. As for what underlies the pattern, there is Goal Attainment, a system that must define and achieve its main goals. Integration, Latency (pattern maintenance). This strength is what makes pesantren strong.

References

Abdullah, Taufik, et.al, Tradisi dan Kebangkitan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: PT. Karya Unipress, 1988.

Arief, Armai, Reformulasi Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Press, 2000.

Asrohah, Hanun, Pelembagaan Pesantren: Asal Usul dan Perkembangan Pesantren di Jawa, Jakarta: Bagian Proyek Peningkatan Informasi Penelitian dan Diklat Keagamaan Departemen Agama RI. 2004.

Azra, Azyumadi, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 2000.

Bakar, Aceh, Abu Sejarah Hidup K.H.A. Wahid Hasyim dan Karangan Tersiar, Jakarta: Panitia Buku Peringatan K.H.A. Wahid Hasyim, 1975.

Baso Ahmad, Pesantren Studies 2a, Kosmopolitanisme Peradaban Kaum Santri di Masa Kolonial. Jakarta: Pustaka Afid, 2012.

Bruinessen, Martin van, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekati:Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia, Bandung: Mizan, 1999.

Chirizin M. Habib,”Pengejawatahan Nilai Pesantren secara Berperan Serta”, dalam Pesantren No. 2, 1985, Dari Haramain ke Nusantara Jejak Intelektual Arsitek Pesantren, Jakarta, Prenada, 2006.

Departemen Agama, Seri Monografi Pondok Pesantren dan Angkatan Kerja. Jakarta: Departemen Agama RI, 2000/2003.

Dhofier, Zamakhsyari,Tradisi Pesantren, Jakarta, LP3ES, 2011.

George Ritzer dan Goodman J. Doglas, Teori Sosiologis Modern, terj. Alimadan, Jakarta: Prenada, 2004.

Giddens, Anthony, Kapitalisme dan Teori Sosial Modern: Suatu Analisis Karya-Karya Tulis Marx, Durkheim dan Max Weber, terj. Oleh Soeheba Kramadibrata, Jakarta, UIP, 1985.

Geertz, Clifford, Abangan, Santri, dan Priyayi Dalam Masyakat Jawa, terjemahan Aswab Mahasin, Jakarta: Pustaka Jaya, 1983.

Haedari, Amin, Jurnal Pondok Pesantren Mihrab, vol. II No. 1 Juli 2007.

Haidar, Putra, Daula Historitas dan eksistensi, Pesantren, Sekolah dan Madrasah, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2000.

Hamid, Abu,”Sistem Pendidikan Madrasah dan Pesantren di Sulawesi Selatan”, dalam Taufik Abdullah (Ed), Agama dan Perubahan Sosial, Jakarta: Rajawali Press, 1983.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

Horikoshi, Hiroko, Kiai dan Perubahan Sosial, Terj. Umar Baslim, Jakarta: P3M, 1987.

Husin Al-Munawara, Said Agil, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Press, 2003.

Ibrahim, S. (2014). Menata Pendidikan Islam di Indonesia. Irfani, 10(1), 29302.

Ibrahim, S. (2017). Pendidikan tentang Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 2(2), 243–256. https://doi.org/10.30603/jiaj.v2i2.691.

John M. Echol dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta Gramedia, 1980.

Khozin Wakhid, dkk, Pendidikan Kewargaan Pada Komunitas Pesantren, Jakarta: Prasasti, 2007.

M. Arifin, Kapita Seletakta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Madjid, Nurcholish, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta, Paramadina, 1997.

Mardiyah,”Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi: di Pondok Pesantren Modern Gontor, Lirboyo Kediri, dan Tebuireng Jombang”, Jurnal Tsaqafah, Vol. 8. No. I. April 2012.

Mas’ud,Abdurrahman Intelektual Pesantren Perhelatan Agama dan Tradisi, Yogyakarta, LKiS, 2004.

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Indonesia, Netherlands coorporation in Islamic Studies, seri Inis, XX, Jakarta, 1994.

Mudzhar, Atho, “Pesantren Transformatif: Respon Pesantren Terhadap Perubahan Sosial”, dalam Jurnal Edukasi, Jakarta, Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 6. No. 2, 2008.

Munawwar Mansur, Fadlil, ”Kekayaan Budaya Pesantren”, dalam Jurnal Humaniora, Fakultas Ilmu Budaya UGM, Volume xiv, No. 2/2004.

Nata, Abuddin Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Intitusi pendidikannya, Jakaarta, Raja Wali Press, 2012.

Nata, Abuddin Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner, Jakarta, Rajawali Press, 2010.

Nizar, Samsul, Ensiklopedi Tokoh-Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Press, 2005.

Nizar, Samsul et. al, Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara, Jakarta: Kecana, 2013.

Raehani, Islam dan Kemajemukan Indonesia, Studi Kasus Pesantren dan Pendidikan Multikultural, Annual Conference on Islamic Studies (ACIS) ke-10, Bajarmasin: 2010.

Raharjo, Dawam Editor, Pergulatan Dunia Pesantren, (Jakarta, P3M, 1985).

Rahim, Husni Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2005.

Sibram, Malisi M. Ali, Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Tangerang Selatan: YPM, 2013.

Steenbrink, Karel A., Pesantren Madrasah Sekolah, Jakarta: LP3ES, 1986.

Suparta, Mundzier, Perubahan Orientasi Pondok Pesantren Salafiyah, Terhadap Prilaku Keagamaan Masyarakat Keagamaan, Jakarta: Asta Buana Sejahtera, 2009.

Suwito, Muhbib, Jaringan Intelektual Kyai Pesantren di Jawa-Madura Abad XX, dalam Laporan Hasil Penelitian Kompetitif, Jakarta: Depertemen Agama RI, 2000.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2012.

Tim Peneliti, Peran Pesantren Dalam Penyelenggaraan Program Wajib Belajar 9 Tahun, Jakarta: BalitBang Kemenag RI, Pusat UIN Jakarta, 1999.

Wahid, Abdurrahman Menggerakkan Tradisi-tradisi Pesantren. Yogyakarta: LKiS, 2010.

Wahid, Abdurrahman, Bunga Rampai Pesantren; Kumpulan Karya Tulis Abdurrahaman Wahid, Jakarta, Dharma Bhakti, 1984.

Wahid, Abdurrahman, Prisma, Yogyakarta: LKiS, 1999.

Wahid, Marzuki dkk, (penyunting), Pesantren Masa Depan Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren, Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Wahidin, Khaerul, Pembaharuan Pondok Pesantren Masa Orde Baru, Disertasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tidak diterbitkan, 2000.

Yasmadi, Modernisasi Pesantren, Jakarta, Ciputat Press, 2002.

Yunus, Mahmud Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Hidakarya, 1996.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Supriyanto, S., Bahri, S., & Ghifari, A. (2025). Patterns of Pesantren Strength in Facing the Hegemony of Modernity. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 10(1), 51–72. https://doi.org/10.30603/jiaj.v10i1.5127