Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Digital Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi melalui BAZNAS Kabupaten Tegal dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki Potensial Di Kabupaten Tegal)
Studi Kasus Muzakki Potensial di Kabupaten Tegal
DOI:
https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.5173Kata Kunci:
kualitas pelayanan, fasilitas digital, minat membayar zakat profesi, kepercayaanAbstrak
Fokus penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana BAZNAS Kabupaten Tegal memberikan pelayanan kepada muzakki, pemanfaatan teknologi digital oleh BAZNAS Kabupaten Tegal dalam mempengaruhi pandangan dan kepercayaan masyarakat, serta pengaruhnya terhadap tingkat minat para muzakki. Populasi nya muzakki yang tercatat melakukan pembayaran zakat profesi melalui BAZNAS Kabupaten Tegal. Metode penelitian menggunakan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan SmartPLS. Jumlah sampel yang akan digunakan untuk mewakili populasi adalah 100 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat membayar zakat profesi, fasilitas digital berpengaruh signifikan terhadap minat membayar zakat profesi. Kemudian kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan muzakki, fasilitas digital berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan muzakki. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat membayar zakat profesi. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat membayar zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Tegal dimediasi kepercayaan. Fasilitas digital berpengaruh signifikan terhadap minat membayar zakat profesi kepercayaan. Temuan penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi BAZNAS Kabupaten Tegal dalam meningkatkan layanan dan fasilitasnya untuk mendorong pengumpulan zakat dan memperkuat kepercayaan dan keterlibatan muzakki.
Referensi
Bahri, E. S., Putri, R. A., & Romansyah, D. (2022). Interests of Muzaki to Pay Zakat: The Role of Accountability, Transparency, Service Quality, and Financial Technology. Iqtishadia, 15(1), 63. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v15i1.10713
Daniaty, P. R. (2023). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Laporan Keuangan, Kualitas Pelayanan dan Pengelolaan Dana terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki Untuk Membayar Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) (Studi Empiris Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Prov. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Dr. Amruddin, S.Pt., M.Pd., M. S. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Dwi, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Zakat,Religiusitas, dan Motivasi Membayar Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi (Studi Kasus ASN di Kabupaten Semarang). Simbiosa Rekatama Media, 15.
Farisi, M. S. Al, Maulana, R., Kumala, D., & Hasan, S. S. El. (2022). Estimating The Knowledge of Zakat Payment Among Muslims Using The Elasticity Between Income and Zakat Expenses. International Conference on Islamic Economic (ICIE), 1(2), 185–195. https://doi.org/10.58223/icie.v1i2.114
Hadziq, M. F. (2023). Fikih Zakat, Infaq dan Sedekah. Ekonomi Ziswaf, 1–27. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/EKSA4306-M1.pdf
Hasan, N. (2022). Application of Qiyas of Profession Zakat in Zakat Management Organizations (OPZ) in Indonesia. NUsantara Islamic Economic Journal, 1(2), 182–193. https://doi.org/10.34001/nuiej.v1i2.254
Khaerunnisa. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Zakat, Tingkat Kesadaran, Dan Tingkat Religiusitas Guru Dengan Minat Membayar Zakat Profesi Di Kota Palopo. IAIN Palopo.
Muafatun, Syaifulloh, M., & Sucipto, H. (2022). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus pada Kantor Balai Desa Cimohong). Jimak, 1(3), 2809–2406.
Nindi Azizah. (2022). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Profesi Melalui Baznas (Studi Kasus Pegawai Negeri Sipil Di Kanwil Kemenag Provinsi Dki Jakarta). In Journal information (Vol. 10).
Nurrahmah, I. (2021). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Muzakki Dalam Membayar Zakat Maal Pada Lembaga Zakat Nonformal (Studi Kasus : Muzakki Desa Kesamben Kabupaten Jombang ).
Sekda Kabupaten Tegal. (2023). Road Map Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal Tahun 2019-2024. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 40.
Siti & Hasrun. (2022). Pengaruh Pengetahuan dan Kesadaran Muzakki Terhadap Keputusan Membayar Zakat di Baznas Kabupaten Sorong. AT-THARIQAH: Jurnal Ekonomi, 2(1), 57.
Sucipto, H. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Caffe Jetto Brebes. 3(3), 176–186.
Yayangpebrianti, Sucipto, & Anggraeni, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Transparansi terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Opsezi Kota Jambi. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(1), 102–111.
Yulianto, A., Setiadi, R., & Susilo, M. A. (2021). Pengaruh Product Quality, Sevice dan Trust terhadap Purchase Intension Online. Journal of Economic and Management (JECMA), 3(1), 50–60. https://doi.org/10.46772/jecma.v3i1.1016
Zahra Septieva, & A.A Miftah. (2022). Analisis Pemanfaatan Teknologi dalam Penerimaan Zakat, Infak, dan Sedekah Pada Lembaga Amil Zakat (Laz) Yayasan Insan Madani Jambi. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i2.722
Zikra, A., & Tanjung, D. (2023). Zakat Profesi Perspektif Maqâshid Syari’ah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7940–7947. https://doi.org/10
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Salsabila Maryunia, Hendri Sucipto, Andi Yulianto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.