Pengaruh Penerapan Digital Payment & Digital Marketing Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM (Studi Pada UMKM Binaan Bank Indonesia Di Kota Gorontalo)

(Studi pada UMKM Binaan Bank Indonesia di Kota Gorontalo)

Penulis

  • Nur Syafira Aulia Fatihah Universitas Negeri Gorontalo
  • Muliyani Mahmud Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurharyati Panigoro Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.4428

Kata Kunci:

Digital Payment, Digital Marketing, Peningkatan Pendapatan, UMKM

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui terkait pengaruh penerapan digital payment dan digital marketing terhadap peningkatan pendapatan UMKM pada UMKM binaan Bank Indonesia di Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para UMKM binaan Bank Indonesia di Kota Gorontalo yaitu sebanyak 45 UMKM. Penelitian in menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden. Populasi dalam penelitian ini adalah 45 UMKM binaan Bank Indonesia di Kota Gorontalo, dengan kriteria yang nantinya akan digunakan sebagai responden, yakni 2 orang per UMKM Sedangkan pengambilan sampel menggunakan Teknik Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Hasil penelitian ini yaitu  bahwa digital payment tidak berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan UMKM sedangkan digital marketing berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan UMKM khususnya UMKM binaan Bank Indonesia di Kota Gorontalo.

Referensi

Dewan Standar Akuntansi Keuangan. (2010). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (Psak) No. 23 Tentang Pendapatan. 23(23).

Dwi Adi Lukmono. (2014). Peningkatan Pendapatan Pengusaha Kecil Mikro Ditinjau Dari Pemberian Kredit Oleh Perusahaan Daerah Badan Kredit Kecamatan Karanganyar. World Health Organization, World Bank Group, Oecd,July,1–100. Http://Elibrary.Almaata.Ac.Id/1714/%0ahttps://Osf.Io/Yejcm/%0ahttp://Elibrary.Almaata.Ac.Id%0ahttps://Bmjopen.Bmj.Com/Lookup/Doi/10.1136/Bmjopen-2019-030624%0ahttps://Ppjp.Ulm.Ac.Id/Journal/Index.Php/Jpkmi/Article/View/2758%0ahttp://Stikara.Ac.Id/Jupermik

Frima, A. (2021). Analisis Perbandingan Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Sebelum Dan Sesudah Memperoleh Pembiayaan Dari Bank Syariah.

Handayani, N. L. P., & Soeparan, P. F. (2022). Peran Sistem Pembayaran Digital Dalam Revitalisasi UMKM. Transformasi: Journal Of Economics And Business Management, 1(3), 20–32.

Kafrawi, A., Rezha, M., & Sugiri, M. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Modal Usaha Terhadap Pendapatan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19 The Influence Of Digital Marketing And Business Capital On MSME Income Amid The Covid-19 Pandemic. 19(4), 827–835.

Kusnadi, I., Nurlenawati, N., & Yani, D. (2022). Penerapan Pemasaran Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM Saung Tutut Tegalsawah Di Kota Karawang. Journal Of Business And Economics Research (JBE), 3(3), 306–310. Https://Doi.Org/10.47065/Jbe.V3i3.1929

Koperasi, U. Dan K. (2022). Renstra Kementrian Koperasi Dan UKM.

Nurul Khaeria, A., Luh Putu Tirta Murthi, N., Putra Triadji, T., & Yoan Nurotul Azizah, C. (2023). Pendapatan Dan Beban. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 741–745.

Putri, E. W., Auliya Isnaini, R., Tristiana, S. P., & Malang, U. N. (2022). Peran Sistem Digital Payment Sebagai Strategi Peningkatan Pendapatan Pada Usaha. Prosiding National Seminar On Accounting, Finance, And Economics, 2(2), 17.

Puteri, I. R., & Wijayangka, C. (2020). Analisis Penerimaan Teknologi Dompet Digital Pada Umkm Di Kota Bandung. Journal Of Applied Business Administration, 4(2), 115–123. Https://Doi.Org/10.30871/Jaba.V4i2.2119

Pintubipar Saragih, S., & Nopriadi, N. (2019). Pengaruh Budaya Terhadap Actual Use Digital Payment System Pada Pelaku UMKM Di Kota Batam. Journal Of Applied Informatics And Computing, 3(2), 63–67. Https://Doi.Org/10.30871/Jaic.V3i2.1646

Sukayana, K., & Sinarwati, N. K. (2022). Analisis Pengaruh Financial Behaviour Dan Actual Use Digital Payment System Terhadap Pendapatan Usaha Sektor UMKM Di Bali. Jurnal EXPLORE, 12(1), 87–93.

Social, W. A. (2023). We Are Social- Digital 2023. Https://Wearesocial.Com/Id/Blog/2023/01/Digital-2023/

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. Https://Doi.Org/10.30872/Jkin.V19i1.10207

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

Utami, Y. (2021). Analysis Of The Impact Of Financial Technology On The Operation Of Commercial Banks. J. China Civil Commerc, 4(July), 121–122.

Zagoto, Y., Yuliyati, M. T., Pambudi, R., Cikdan, M., & Mukadi, M. (2022). Peran Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Di Masa Pandemi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 37–40. Https://Doi.Org/10.55182/Jpm.V2i1.117

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Nur Syafira Aulia Fatihah, Muliyani Mahmud, & Nurharyati Panigoro. (2024). Pengaruh Penerapan Digital Payment & Digital Marketing Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM (Studi Pada UMKM Binaan Bank Indonesia Di Kota Gorontalo): (Studi pada UMKM Binaan Bank Indonesia di Kota Gorontalo). Al-Buhuts, 20(1), 563–581. https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.4428

Terbitan

Bagian

Articles