Penerapan Supervisi Klinis Oleh Pengawas Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru

Authors

  • Yahya Anuli

Abstract

Penerapan supervisi klinis oleh pengawas kiranya dapat memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru yang mengacu pada fungsi, prinsip, tujuan serta prosedur penerapan supervisi yang optimal. Para pengawas perlu memiliki kompetensi profesional yang merupakan kemampuan melaksanakan supervisi secara efektif, efisien dan mencakup segala aktivitas yang berhubungan dengan peningkatan proses belajar mengajar sebagai layanan kepada guru. Sebaiknya supervisi klinis ini harus dirubah dengan cara sistem interaktif artinya supervisor membuka online SMS atau telpon kepada semua guru yang ingin berkonsultasi dengannya sehingga tercipta suasana yang lebih harmonis antara guru dan pengawas. Perlu dilakukan perbaikan secara menyeluruh terhadap berbagai aspek yang menyebabkan kurang maksimalnya penerapan supervisi klinis seperti yaitu adanya keengganan untuk disupervisi dan tidak sepenuhnya bersikap terbuka kepada pengawas atas kekurangan dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pada saat melakukan pertemuan awal atau pra observasi, dipengaruhi adanya rasa takut, kurang percaya diri, sehingga menimbulkan kesan dan persepsi dari guru, bahwa pengawas tersebut hanya sebagai kegiatan yang bersifat penilaian belaka dengan mencari-cari  kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang dimiliki guru dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Anuli, Y. (2018). Penerapan Supervisi Klinis Oleh Pengawas Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 28–39. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/504