EKSPLORASI TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB BERBASIS AI: STUDI MULTI-PERSPEKTIF DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA GORONTALO

Penulis

  • Muhammad Nur Iman a:1:{s:5:"en_US";s:26:"IAIN Sultan Amai Gorontalo";}
  • Miskat S. Inaku MAN 1 Kota Gorontalo
  • Doly Hanani MIN 1 Kota Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v20i1.5196

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tantangan dan peluang dalam pengembangan kurikulum bahasa Arab berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di MAN 1 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI dalam pembelajaran bahasa Arab dapat memberikan banyak manfaat seperti personalisasi pembelajaran, umpan balik real-time, dan simulasi percakapan yang lebih realistis. Namun, tantangan utama yang dihadapi meliputi kesenjangan digital, kesiapan sumber daya manusia, dan resistensi kultural terhadap perubahan. Guru, siswa, dan pemangku kepentingan lainnya menunjukkan pandangan beragam mengenai integrasi AI. Siswa dan orang tua umumnya menunjukkan antusiasme, sementara guru menunjukkan kebutuhan akan pelatihan intensif dan perubahan mindset. Analisis kurikulum menunjukkan bahwa integrasi AI memerlukan revisi pada metode dan strategi pembelajaran serta peningkatan infrastruktur teknologi. Penelitian ini memberikan wawasan tentang potensi dan tantangan dalam mengembangkan kurikulum bahasa Arab berbasis AI di MAN 1 Kota Gorontalo. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum yang inovatif dan responsif terhadap perkembangan teknologi, serta berkontribusi pada diskursus nasional mengenai modernisasi pendidikan Islam di era digital.

Diterbitkan

2014-07-23

Cara Mengutip

Nur Iman, M., Inaku, M. S., & Hanani, D. (2014). EKSPLORASI TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB BERBASIS AI: STUDI MULTI-PERSPEKTIF DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA GORONTALO. Irfani (e-Journal), 20(1), 60–76. https://doi.org/10.30603/ir.v20i1.5196