PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD IQBAL

Authors

  • Taufik Ajuba IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v20i1.3595

Keywords:

Pemikiran Pendidikan Islam, Muhammad Iqbal, Konteks Kekinian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hal yang baru dalam pandangan Muhammad Iqbal tentang pendidikan dan relevansinya masa kini, serta melakukan evaluasi kritis terhadap pemikiran Muhammad Iqbal tentang pendidikan yang terdapat dalam beberapa karyanya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan menggunakan metode hermeneutika. Hasil Penelitian ini adalah Pendidikan Islam menurut Muhammad Iqbal seharusnya diarahkan untuk menghidupkan kembali dan menguatkan individualitas manusia sehingga menghasilkan aktifitas yang kreatif. Hakikat pemikiran Muhammad Iqbal tentang pendidikan dan relevansinya dengan  masa kini adalah  karakter bagi bangsa Indonesia dapat memberikan inspirasi setiap manusia Indonesia agar senantiasa dapat mawas diri terhadap pendidikan yang selama ini dilaksanakan, sehingga dapat terwujud suasana pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai luhur

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Ajuba, T. (2024). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD IQBAL. Irfani (e-Journal), 20(1), 85–94. https://doi.org/10.30603/ir.v20i1.3595