MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG KONDUSIF

Penulis

  • Nur Gamar IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Syafrin Ngiode IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v18i1.2859

Kata Kunci:

Keywords: Strategic Management, Principal, Enabling Environment.

Abstrak

Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengetahui manajemen strategi kepala sekolah dalam pengembangan lingkungan sekolah yang kondusif.. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif deskripstif, dengan sampel sebanyak 20 orang guru, menggunakan instrument angket. Hasil penelitian yakni manajemen strategi kepala sekolah bagi guru-guru dalam pengembangan lingkungan sekolah yang kondusif di SDN 2 Gorontalo berada pada kategori baik dengan persentase rata-rata sekitar 75.67%. Perolehan persentase ini merupakan akumulasi dari dimensi Strategi perencanaan kepala sekolah dalam pengembangan lingkungan sekolah yang kondusif berada pada kategori baik dengan persentase 75%, dimensi strategi pelaksanaan kepala sekolah dalam pengembangan lingkungan sekolah yang kondusif  berada pada kategori baik dengan persentase 77%, dan strategi tindak lanjut kepala sekolah dalam pengembangan lingkungan sekolah yang kondusif berada pada kategori baik dengan persentase 75%. Posisi kepala sekolah ketika berperan sebagai kepala sangat strategis atau mendukung untuk menciptakan lingkungan sekolah. Karena, unsur inti dari lingkungan organisasi adalah hubungan antar personel sekolah, dalam peranan kepala sekolah ketika menjadi kepala sekolah disebutkan mempunyai fungsi dalam mewujudkan hubungan manusiawi yang harmonis dalam rangka membina dan mengembangkan kerjasama antar personel.

Diterbitkan

2022-08-09

Cara Mengutip

Gamar, N., & Ngiode, S. (2022). MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG KONDUSIF. Irfani (e-Journal), 18(1), 70–85. https://doi.org/10.30603/ir.v18i1.2859