Filsafat Pendidikan Al-Ghazali

(Memahami Hakikat Manusia sebagai Pencari Ilmu)

Authors

  • Ferri Firmansyah UIN Walisongo Semarang
  • Nasikhin
  • Mustopa

Keywords:

Filsafat Pendidikan, Al-Ghazali, Pencari Ilmu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis filsafat pendidikan Al-Ghazali dengan fokus pada hakikat manusia sebagai pencari ilmu, serta relevansinya dalam konteks pendidikan modern. Metode yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif melalui analisis literatur terhadap karya-karya Al-Ghazali dan sumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Ghazali menekankan integrasi ilmu, moralitas, dan spiritualitas dalam pendidikan, di mana pencarian ilmu tidak hanya bersifat intelektual tetapi juga spiritual dan moral. Konsep ini relevan dengan pendidikan modern yang membutuhkan pendekatan holistik untuk membentuk karakter siswa. Dengan demikian, pemikiran Al-Ghazali dapat menjadi landasan dalam pengembangan sistem pendidikan yang seimbang antara aspek akademik dan nilai-nilai moral-spiritual. Kontribusi penelitian ini terletak pada penegasan pentingnya pendekatan pendidikan holistik berbasis nilai-nilai spiritual dan etis dalam kurikulum modern, serta memberikan perspektif filosofis yang dapat memperkaya wacana pendidikan Islam dan praktik pendidikan kontemporer.

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Ferri Firmansyah, Nasikhin, & Mustopa. (2025). Filsafat Pendidikan Al-Ghazali: (Memahami Hakikat Manusia sebagai Pencari Ilmu). Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 31–44. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6344