PENERAPAN METODE ROLE-PLAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SENANGNYA BERTEMAN DI KELAS V SD NEGERI 2 INOBONTO II
Keywords:
Metode Role Playing, Hasil Belajar, Materi Senangnya BertemanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Senangnya Berteman melalui metode Role-Play. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C SDN 2 Inobonto II Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing berhasil meningkatkan keterampilan sosial dan pemahaman materi "Senangnya Berteman" pada siswa kelas V SD Negeri 2 Inobonto II. Sebelum penerapan model ini, keterampilan sosial siswa dan hasil belajar mereka belum optimal. Pada Siklus I, aktivitas siswa tercatat sebesar 75,81% dan nilai rata-rata siswa 72,75, dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 75%. Setelah diterapkannya model Role Playing, pada Siklus II terjadi peningkatan signifikan, dengan aktivitas siswa meningkat menjadi 81,94%, nilai rata-rata siswa menjadi 83,25, dan ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 90%. Siswa menunjukkan peningkatan dalam keterampilan sosial, khususnya dalam hal komunikasi dan kerjasama, serta lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan teman-temannya. Penerapan model pembelajaran ini berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan menyenangkan bagi siswa.