PENERAPAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI AKHLAK TERPUJI ADALAH KEPRIBADIANKU DI KELAS 3 SDN BANTIK KAB. BOLAANG MONGONDOW
Keywords:
model Jigsaw, hasil belajar, akhlak terpuji, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Bantik pada materi "Akhlak Terpuji adalah Kepribadianku" melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, masing-masing dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 68, dengan ketuntasan klasikal sebesar 60%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 87, dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Hasil ini menunjukkan efektivitas model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akhlak terpuji.