PENERAPAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI AKHLAK TERPUJI ADALAH KEPRIBADIANKU DI KELAS 3 SDN BANTIK KAB. BOLAANG MONGONDOW

Authors

  • Fatriawati Baluntu SDN BANTIK

Keywords:

model Jigsaw, hasil belajar, akhlak terpuji, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Bantik pada materi "Akhlak Terpuji adalah Kepribadianku" melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, masing-masing dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 68, dengan ketuntasan klasikal sebesar 60%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 87, dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Hasil ini menunjukkan efektivitas model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akhlak terpuji.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Baluntu, F. (2024). PENERAPAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI AKHLAK TERPUJI ADALAH KEPRIBADIANKU DI KELAS 3 SDN BANTIK KAB. BOLAANG MONGONDOW. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 690–700. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6159